Gitaris Tohpati Membuat Solo Album Orkestra Pertama

Gitaris Tohpati kembali merilis album solo terbarunya yang merupakan album ke-15 sejak ia meluncurkan karya solo. Album terbaru berjudul Forever ini istimewa karena untuk pertama kalinya Tohpati mengerjakan satu album penuh dengan iringan orkestra lengkap.

Tohpati -Instagram

”Sudah sejak dulu saya punya cita-cita punya album dengan iringan orkestra besar 50 pieces. Semoga album Forever ini bisa menyejukkan hati para pencinta musik Indonesia,” tutur gitaris yang akrab dipanggil Bontot ini di Jakarta, Minggu (26/4/2020).

Tohpati mengakui, ini bukan pertama kalinya dirinya berkarya dengan melibatkan iringan orkestra. Sebelumnya, ia pernah mengerjakan aransemen lagu-lagu Chrisye dalam versi instrumental dengan iringan orkestra. ”Album duo sama (Dewa) Budjana yang Janapati juga konsepnya mirip. Malah, album itu rilis duluan tahun lalu walau sebenarnya proses produksinya lebih duluan album soloku ini,” ujarnya

Dalam proyek ini, Tohpati menggandeng Czech Symphony Orchestra dari Ceko. Sebanyak tujuh komposisi dalam album Forever ini digubah dan diaransemen sendiri oleh Tohpati. ”Pengerjaan rekaman orkestra dilakukan di Praha dan rekaman gitarnya dilakukan di Jakarta,” paparnya

Namun, Tohpati juga sempat datang ke Praha, Ceko, untuk bertemu langsung dengan Czech Symphony Orchestra. Sembari itu dia melakukan rekaman untuk membuat klip video singel pertama dari album ini, ”Jatuh Cinta” versi orkestra. Video ini sudah bisa dinikmati di kanal pribadi Tohpati di Youtube. ”Videonya menggunakan pengambilan gambar di Praha dan di Polandia saat saya konser di sana,” ucap Tohpati.

Sumber : Kompas.id 2 Mei 2020

Share it
HMS FAKFAK

HMS FAKFAK

Your Comment