World Press Photo 2020 Ajang Kompetisi Foto Jurnalis Dunia

World Press Photo atau sering disebut WPP dalah ajang penghargaan tahunan bagi jurnalis foto di seluruh dunia. Pertama kali diadakan pada tahun 1955 yang diprakarsai oleh beberapa anggota persatuan jurnalis foto Belanda (Nederlandse Vereniging van Fotojournalisten, NVF).

WPP adalah kompetisi foto jurnalistik tingkat tinggi. Untuk meraih penghargaan WPP, foto yang diproduksi tidak hanya bagus secara teknis fotografi, tetapi juga kuat soal isu yang mendampingi. Peristiwa tentang perang, pertikaian, dan bencana dengan skala yang luas sehingga menjadi perhatian warga dunia sering menjadi langganan pemenang WPP

Berikut ini beberapa foto pemenang WPP tahun 2020

Fotografer Agence France-Presse (AFP), Yasuyoshi Chiba, tahun ini menaiki panggung tertinggi dengan meraih penghargaan Foto Tahun Ini (Photo of the Year) WPP 2020.

Fotonya adalah seorang pemuda yang menyampaikan puisi dalam kegelapan malam di sebuah aksi unjuk rasa di Khartoum, Sudan. Foto yang sangat sederhana, tetapi dipotret dengan sempurna dan sarat pesan di belakangnya

Foto karya Mark Blinch (NBAE) meraih pemenang ke-1 kategori foto tunggal olahraga World Press Photo 2020. Momen buzzer-beater di pertandingan basket play off NBA antara Toronto Raptors dan Philadelphia 76ers, 12 Mei 2019.
Foto karya Mulugeta Ayene (AP Photo) pemenang ke-1 foto cerita (Spot News) World Press Photo 2020. Seorang pria dan seorang wanita meratapi kerabatnya yang menjadi korban kecelakaan pesawat terbang Ethiopian Air yang jatuh di pinggiran Addis Ababa, Etiopia, 11 Maret 2019.
Foto yang Menjuarai Foto tunggal kategory potrait,Ewa, Gadis Armenia berusia 15 tahun yang baru-baru ini terbangun dari keadaan katatonik duduk di kursi roda dan diapit oleh orang tuanya, Sabtu (1/6/2019). Foto: Tomek Kaczor for Duzy Format, Gazeta Wyborcza, World Press Photo via AP
Foto karya Oli Scarff (AFP) menjadi pemenang ketiga kategori foto tunggal olahraga World Press Photo 2020. Pawai kemenangan klub sepak bola Liverpool setelah menjuarai Liga Champions EUFA, 2 Juni 2019.
Foto karya Romain Laurendeau meraih penghargaan Foto Cerita Tahun Ini (Photo Story of the Year) World Press Photo 2020. Cerita tentang generasi muda di Aljazair.
Foto karya Adam Ferguson (The New York Times) menjadi pemenang ke-1 kategori foto cerita potret World Press Photo 2020. Foto seorang anak korban penculikan ISIS, 20 April 2019.
Foto karya Lorenzo Tugnoli (Contrasto untuk The Washington Post) menjadi pemenang ke-1 kategori foto cerita isu terkini World Press Photo 2020. Foto profil para pejuang Taliban di Afghanistan, 11 Desember 2019.
Foto karya Nicolas Asfouri (AFP) meraih pemenang ke-1 foto cerita berita umum World Press Photo 2020. Seorang perempuan terlibat dalam unjuk rasa di Hong Kong, 11 September 2019.

Sumber : https://www.worldpressphoto.org/

Share it
HMS FAKFAK

HMS FAKFAK

Your Comment