Menteri Mengklarifikasi Kesalahan Pinjaman Staf “Milineal” Untuk Pengusaha Papua

Keberadaan staff milenial di lingkaran Istana memang mengundang banyak reaksi dari masyarakat Indonesia. Karena memang masuk dalam birokrasi pemerintahan tidak semudah yang dibayangkan. Menjadi pengusaha atau wiraswasta sangat berbeda dengan menjadi birokrat di pemerintahan, perlu banyak penyesuaian dan strategi untuk menjalankan program yang direncanakan. Yang sesuai di kalangan pengusaha, belum tentu sesuai dengan birokrat pemerintahan.

teten masduki
ILUSTRASI. Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki (tengah) di Kantor KONTAN, Jakarta (11/3).

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah telah mengklarifikasi pernyataan yang dibuat oleh anggota staf ahli kepresidenan Gracia Billy Mambrasar, yang mengklaim bahwa 21 pengusaha muda Papua di bawah perusahaannya telah memperoleh Rp 1,44 miliar (US $ 92,286) dari lembaga manajemen pinjaman bergulir milik kementerian.

Menteri Teten Masduki dikutip oleh kontan.co.id mengatakan pada hari Kamis bahwa kementerian hanya bisa menyalurkan pinjaman kepada koperasi, sedangkan 21 perusahaan pengusaha bukan koperasi. Ia mengatakan bahwa kementerian menghargai dan mendukung penuh pelatihan kewirausahaan di Papua dan ia menyarankan para wirausahawan muda Papua untuk mendirikan koperasi.

Pernyataannya itu disampaikan di tengah pengawasan publik terhadap Presiden Joko “Jokowi” anggota milenium Widodo yang dituduh menyalahgunakan posisi mereka untuk mendapatkan fasilitas.

Pada bulan Februari, Billy dan sesama staf presiden milenium Putri Tanjung bertemu dengan Teten Masduki dan pejabat lain dari kementerian untuk memperkenalkan organisasi Billy, Gerakan Pemuda Papua, yang mencakup kursus pelatihan bisnis oleh perusahaannya, tempo.co melaporkan.

billy mambrasar
Billy Mambrasar (JP / Seto Wardhana)

Billy menjelaskan bahwa gerakan ini bertujuan untuk mendukung 308 pengusaha muda di Papua. Billy mengatakan bahwa kementerian akan membantu menyalurkan pinjaman lunak sebesar Rp 1,44 miliar kepada 21 pengusaha Papua yang telah dilatih oleh perusahaannya. Setiap unit bisnis akan menerima dana mulai dari Rp 12 juta hingga Rp 30 juta.

Dia mengatakan sebuah perusahaan bernama Kreavi, di mana Putri adalah chief business officer, akan membantu para pengusaha Papua untuk “mengubah citra” produk mereka, tempo.co melaporkan pada bulan Februari.

Upaya Billy dan dukungan pemerintah mendapat sorotan publik setelah rekan-rekannya dalam staf presiden milenium, Adamas Belva Syah Devara dan Andi Taufan Garuda Putra , mengundurkan diri baru-baru ini menyusul tuduhan konflik kepentingan

Mengutip dari cuitan salah satu cendekiawan muda Papua Septinus George Saa di twitter “Pelajaran berharga buat kaum muda Papua: kejar target masuk lingkaran istana itu tidak semanis yang di bayangkan“, memang benar, tidak semanis yang dibayangkan, jadi perlu banyak mengetahui tentang birokrasi pemerintahan dan cara komunikasi jika berada di dalam lingkaran tersebut.

Sumber : TheJakartapost,25 April 2020

Share it
HMS FAKFAK

HMS FAKFAK

Your Comment