Kebangkitan Musik Indonesia dan Era Orde Baru

Musik itu universal, di seluruh dunia musik berkembang dengan berbagai macam cara. Seperti di Indonesia dunia musik mulai benar-benar berkembang pada masa orde baru sampai sekarang.

Pada masa sebelumnya, musik di indonesia juga berkembang, namun sempat ada larangan untuk musik-musik barat, pada tahun 1965 pemerintah melarang musik musik barat di Indonesia secara terperinci. Pelarangan ini berdasarkan perjuangan menentang imperialisme dan kolonialisme di Indonesia

Toko Kaset tahun 1970 an

Yang pernah menjadi korban dari peraturan ini adalah group Koes Bersaudara, mereka sempat masuk penjara di tahun 1965 gara-gara membawakan lagu-lagu The Beatles di sebuah acara ulang tahun.

Pada awal 1970-an perkembangan musik Indonesia bertambah pesat akibat transisi format musik dari piringan hitam beralih format kaset. Kebijakan industri musik lebih terbuka dengan catatan selama tak mengkritik pemerintah.

Pada masa orde baru ini, ada beberapa musisi yang sering memasukkan kritik terhadap pemerintah di dalam syair lagu mereka di antara nya Iwan Fals dan hari Rusli.

Pada masa orde baru ini musik Indonesia benar-benar berkembang pesat, penjualan kaset juga menghasilkan untukng yang lumayan besar untuk para penyanyi dan produsernya.

Sejarah singkatnya bisa dilihat di link youtube di bawah ini

Sumber : Kompas.id

Share it

HMS FAKFAK

Your Comment