Apa yang perlu dilakukan saat naik pesawat di tengah wabah corona

sumber : kompas.id 19 mar 2020

Sebenarnya di saat wabah seperti ini, sebisa mungkin kita tidak bepergian naik pesawat. Tetapi kalau memang ada hal yang sangat penting yang mengharuskan kita harus berangkat menggunakan pesawat,maka ada beberapa hal yang wajib diperhatikan dan dilakukan sebagai berikut :

1. Memakai masker

Dalam situasi serangan wabah seperti saat ini, memakai masker sangat dianjurkan, baik di rumah maupun saat bepergian

2. Saat pemeriksaan tiket

Ketika hendak masuk ke gedung terminal, petugas bandara akan memeriksa tiket setiap penumpang. Di sini, biasanya terjadi antrean. Oleh sebab itu, usahakan jaga jarak sekitar 1 meter dengan orang di depan dan di belakang kita. Untuk itu, sebaiknya datanglah di bandara sekitar 2 jam sebelum penerbangan agar tidak terjebak dalam antrean yang padat.

3. Saat di ruang tunggu

Setibanya di ruang tunggu, tetaplah jaga jarak dengan penumpang yang lain. Kita bisa mencari area yang relatif longgar untuk menunggu. Ini bisa dilakukan secara dinamis, maksudnya jika sudah duduk di satu tempat dan kemudian area ini penuh, kita bisa berpindah ke sisi lain yang masih kosong. Untuk itu, jangan membawa barang terlalu banyak. Cukup 1 tas ransel saja, misalnya.

4. Saat di kabin pesawat

Bila memungkinkan, saat melakukan web check-in, pilihlah kursi dekat jendela. Dibanding kursi di bagian lorong, kursi dekat jendela meminimalkan kita dari gesekan dengan awak kabin yang lalu-lalang atau penumpang-penumpang yang hendak ke toilet.

5. Pindah kursi

Jika penumpang pesawat ternyata sedikit, kita bisa meminta izin kepada awak kabin untuk berpindah kursi. Bila diizinkan, cari deretan kursi yang kosong. Dengan demikian, kita tetap bisa menjaga jarak dengan penumpang lain.

6. Gunakan tisu basah antikuman

Setelah duduk, coba bersihkan dulu bagian-bagian kabin yang mungkin bersentuhan langsung dengan kulit kita. Contohnya, sandaran tangan, monitor, bahkan jendela. Gunakanlah tisu basah antikuman untuk membersihkannya.

7. Jangan terlalu sering ke toilet

Selama penerbangan, usahakan tidak terlalu sering ke toilet. Hal ini karena toilet pesawat yang sempit membuat risiko kita terpapar kuman semakin besar.

8. Mandi dan ganti baju

Sesampai di tujuan, bila memungkinkan jangan bersalaman dengan orang lain terlebih dulu. Usahakan segera mandi dan berganti baju. Baju yang kotor sebaiknya segera dicuci karena deterjen mampu membersihkan kuman dan mematikan virus

Share it
HMS FAKFAK

HMS FAKFAK

Your Comment