Joker and Judy, yang kesepian dan rapuh

Ajang Academy awards atau yang biasa disebut piala Oscar 2020 baru saja selesai dilaksanakan pada tanggal 9 Februari 2019 lalu . Hasil piala Oscar tahun 2020 ini pun cukup spektakuler, yaitu dengan dinobatkan film “Parasite” sebagai film terbaik. Film parasite ini adalah film dari negara korea selatan . Namun dalam postingan kali ini kami tidak membahas soal film parasite, yang ingin disampaikan adalah peraih penghargaan Aktor terbaik dan Aktris terbaik.

Joaquin Phoenix (45) dan Renée Kathleen Zellweger (50) dinobatkan sebagai pemeran utama terbaik dalam ajang Academy Awards. Keduanya berhasil menggenggam Piala Oscar berkat peran mereka dalam film yang mengangkat tema tentang karakter rapuh dan kesepian.

Phoenix meraih penghargaan berkat perannya sebagai Arthur Fleck, badut penyendiri yang terisolasi, dalam film Joker. Sementara Zellweger menjadi Aktris Terbaik untuk perannya sebagai Judy Garland, aktris kenamaan yang merapuh menjelang akhir hayatnya yang tragis, dalam film berjudul Judy.

Bagi Phoenix, ini merupakan gelar pertamanya di Academy Awards setelah empat kali masuk nominasi. Joaquin Phoenix sebelumnya masuk nominasi Oscar kategori Best Actor untuk film The Master (2013) dan Walk the Line (2006) serta kategori Best Supporting Actor untuk Gladiator (2001).

Kemenangannya meraih Piala Oscar menjadikan Phoenix sebagai aktor kedua yang mendapatkan penghargaan karena memainkan karakter Joker. Sebelumnya, Heath Ledger menjadi pemenang Aktor Pendukung Terbaik Oscar pada 2009 sebagai Joker dalam film The Dark Knight.

Sama seperti Phoenix, kemenangan Renée Zellweger (50) dalam Oscar bukanlah hal yang mengejutkan. Zellweger membawa pulang piala setelah mengalahkan sejumlah pemeran kenamaan, seperti Cynthia Erivo (Harriet), Scarlett Johansson (Marriage Story), Saoirse Ronan (Little Women), dan Charlize Theron (Bombshell).

Kemenangan Zellweger menjadi catatan manis baginya yang telah membintangi sekitar 40 film. Zellweger sudah empat kali menerima nominasi Oscar. Bahkan, dia menang sebagai Aktris Pendukung Terbaik dalam Cold Mountain (2003), sebuah drama percintaan pada masa Perang Saudara AS, pada Oscar 2004.

Bio data :

Joaquin Phoenix

Lahir: San Juan, Puerto Riko, 28 Oktober 1974

Penghargaan: Academy Awards (2020), British Academy Film Awards (2020), Golden Globe Awards (2006, 2020), Grammy Awards (2007), Screen Actors Guild Awards (2020), Blockbuster Entertainment Awards (2001)

Renée Kathleen Zellweger

Lahir: Katy, Texas, AS, 25 April 1969

Prestasi: Aktris Terbaik Musikal atau Komedi Golden Globe Awards untuk Chicago (2003), Aktris Pendukung Terbaik Academy Awards, British Academy of Film and Television Arts (BAFTA), Golden Globe Awards, dan Screen Actors Guild Awards untuk Cold Mountain (2004); Aktris Terbaik Academy Awards, British Academy of Film and Television Arts (BAFTA), Golden Globe Awards, dan Screen Actors Guild Awards untuk Judy (2020)

Share it

HMS FAKFAK

Your Comment