PELUANG PERSIPURA JAYAPURA MENJADI JUARA SHOPEE LIGA 1 2019

Menjelang akhir tahun 2019 ini, persaingan di Shoope Liga 1 semakin  memanas. Tim-tim papan tengah dan papan bawah semakin meningkatkatkan permainannya untuk tetap menjaga peluang tetap berada di kasta tertinggi liga sepakbola Indonesia ini.

Selebrasi khas tim Persipura Jayapura – Sumber www.Tirto.id

Pada saat tulisan ini diterbitkan posisi pemimpin puncak klasmen sementara adalah PS Bali United yang baru saja dikalahkan PSIS Semarang hari Jumat, 15 November 2019 lalu dengan score 1-0, seperti yang disebutkan di atas walaupun PSIS Semarang berada di posisi 13 Klasemen sementara namun mampu mematahkan perlawanan PS Bali United. Adapun 5 besar klasemen saat ini adalah Bali United,Persipura Jayapura ,Madura United,Borneo FC, dan Arema FC, dengan rata-rata sudah menyelesaikan 27 Pertandingan, kecuali Persipura Jayapura yang baru menyelesaikan 26 Pertandingan.

Pelatih Jacson F Tiago dan Titus Bonai – sumber Kompas.com

Dengan kondisi satu pertandingan yang lebih sedikit, Persipura Jayapura mempunyai peluang yang cukup bagus untuk mengumpulkan point lebih banyak dari saingan-saingannya. Walaupun selisih point saat ini dengan pemimpin klasemen PS Bali United cukup besar yaitu 13 point,namun semua kemungkinan bisa terjadi, yang diperlukan persipura Jayapura adalah berusaha untuk meraih point penuh di pertandingan yang tersisa.

Klasemen sementara Shopee Liga 1 per tanggal 16 Nov 2019

Seperti tulisan kami sebelumnya bangkitnya persipura di Shopee Liga 1, tim persipura Jayapura di awal tidak begitu mulus , namun setelah di tangani Jackson F Tiago tim Persipura Jayapura menunjukkan trend positif. Pertandingan terakhir sebelum tulisan ini diterbitkan adalah melawan pemuncak klasemen PS Bali United. Walaupun sempat tertinggal di babak kedua, namun persipura Jayapura berhasil menyamakan kedudukan di akhir babak kedua dengan score akhir 2-2

Aksi Todd Rivaldo Ferre- Sumber Detik.com

Permainan persipura Jayapuran di Shoope Liga 1 2019 sejak ditangani oleh Jackson  F Tiago memang sangat berkembang, kemampuan pemain senior maupun yunior berhasil di maksimalkan di setiap pertandingan. Pemain yunior persipura Jayapura seperti Todd Rivaldo Ferre bisa menunjukkan kemampuannya yang terbaik bersama tim, gol penyeimbang yang dia cetak pada pertandingan dengan ps bali united menunjungan kematangan Todd Rivaldo Ferre sebagai seorang penyerang. Saat ini Todd Rivaldo ferre sudah menyarangkan 6 gol di Shopee Liga 1 2019.  Demikian juga dengan pemain senior seperti Titus Bonai atau yang sering dipanggil Tibo, dia juga menunjukkan ketajamannya sebagai striker andalan persipura Jayapura dengan sudah mencetak 12 gol buat tim Persipura selama perhelatan Shopee Liga 1 2019 ini, dan sang Legenda Persipura Boas Salossa, walaupun sudah tidak muda lagi, sudah berusia 33 tahun  namun Boas Salosa masih mampu menciptakan peluang dan menghaslkan gol-gol kemenangan buat tim Persipura  Jayapura , sudah 8 gol yang Boas Salosa hasilkan selama Liga Shopee 1 2019 ini.  Di tangan pelatih Jackson F Tiago keseimbangan semua pemain menjadi lebih baik, termasuk para pemain asing yang memperkuat Persipura Jayapura

Boas Salosa -sumber Jawapos.com

Masih ada 8 Pertandingan yang harus dilakoni Persipura Jayapura untuk menuntaskan perhelatan Shopee Liga 1 2019 ini yaitu :

  1. PSM Makasar VS Persipura Jayapura, tanggal 18 November 2019
  2. Persipura Jayapura vs Persebaya Surabaya, tanggal 24 November 2019
  3. Persija Jakarta vs Persipura Jayapura, tanggal 28 November 2019
  4. Persipura Jayapura vs  PSIS, tanggal  4 Desember 2019
  5. Bali United vs Persipura Jayapura, tanggal 8 Desember 2019
  6. Kalteng Putra vs Persipura, tanggal 12 Desember 2019
  7. Persipura Jayapura vs Barito Putra, tanggal 14 Desember 2019
  8. Persipura Jayapura vs Borne FC, tanggal 22 Desember 2019

Melhat jadwal pertandingan yang cukup padat di akhir tahun ini, maka peran pelatih Jackon F Tiago sangat penting untuk merotasi pemain untuk menjaga kebugaran pemain di laga yang tersisa. Salah satu contoh pemain yang sangat bugar di team Persipura Jayapura ini adalah Yustinus Pae, yang bermain di posisi bek kanan, Yustinus Pae sudah melakoni 23 Pertandingan dari 26 pertandingan di Shopee Liga 1 2019. Sebagai pemain senior yang juga sudah berusia di atas 30 tahun Yustinus Pae diharapkan bisa menjadi contoh bagaimana menjaga kebugaran sebagai seorang pemain bola di kompetisi yang jadwalnya cukup ketat seperti liga Shopee 1 2019.

Yustinus Pae – Salah satu pemain dengan kebugaran yang prima -Sumber Tirto.id

Peluang Persipura Jayapura untuk menjadi juara di Shopee liga 1 2019 ini memang tidak terlalu besar, namun jika bisa menang terus di laga yang tersisa maka peluang juara bisa terbuka.

Semoga Persipura Jayapura bisa menunjukkan permainan yang terbaik dan menjadi tim kebanggaan tanah Papua….. bravo Persipura,

Salam dari kami di tanah Papua

Share it

HMS FAKFAK

Your Comment