PERTEMUAN NASIONAL AIDS IV AKAN DISELENGGARAKAN DI YOGYAKARTA

JAYAPURA, (27/09) – Pertemuan Nasional (Pernas) AIDS IV akan diselenggarakan pada tanggal 3–6 Oktober 2011 di Propinsi Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta. Kegiatan ini akan diawali dengan pertemuan Forum Komunitas pada tanggal 1–2 Oktober 2011 di tempat yang sama, dan diperkirakan akan melibatkan sekitar 1500 peserta melalui registrasi, abstrak, dan beasiswa dari seluruh provinsi di Indonesia.

Acara pembukaan akan dilaksanakan pada pagi hari Senin tanggal 3 Oktober 2011 bertempat di Hotel Inna Garuda Yogyakarta. Sedangkan sore harinya akan diselenggarakan Rakernas Khusus Penanggulangan AIDS Daerah bersama Gubernur, Walikota, dan Bupati dari seluruh tanah air di Hotel Hyatt Yogyakarta.

 

Pertemuan Nasional AIDS merupakan forum diskusi akbar para pemangku kepentingan dari setiap tingkatan dan sektor, untuk melakukan review bersama atas situasi epidemi HIV dan AIDS di Indonesia, upaya penanggulangan yang telah dilakukan dan tantangan kedepan dalam rangka pencapaian Akses Universal dan Tujuan Pembangunan Milemium (MDG,s). Kesepakatan untuk memilih DI Yogyakarta sebagai tempat penyelenggaraan Pernas AIDS IV 2011 adalah rekomendasi dari Pernas AIDS III yang diselenggarakan di Surabaya 4-8 Februari 2007.

 

Secara umum Pernas AIDS IV akan melakukan review program penanggulangan HIv dan AIDS selama lima tahun sejak Perpres 75/2006, pencapaian Target MDG,s untuk HIV dan AIDS menuju tahun 2015, serta konsolidasi upaya penanggulangan lima tahun kedepan.  Sedangkan Track Ilmiah dalam Pernas AIDS IV yang menjadi konteks umum pembahasan dari abtrak yang akan diseleksi adalah Track A: Pencegahan HIV melalui Penggunaan Napza Suntik; Track B: Pencegahan HIV melalui Transmisi Seksual; Track C: Perawatan, Dukungan dan Pengobatan, Serta Penguatan Sistem Kesehatan dan Penelitian Biomedis; dan Track D: Pencegahan HIV dan Mitigasi Dampak pada Masyarakat Umum.

 

Secara khusus Pernas AIDS IV 2011 juga akan memberikan perhatian kepada review upaya penanggulangan HIV dan AIDS pada pengguna napza suntik (Penasun).  Pada pertemuan Harm Reduction II yang dilaksanakan di Makassar pada tanggal 15-18 Juni 2008, telah disepakati bahwa kegiatan Pertemuan Nasional Harm Reduction (PNHR) akan dilaksanakan setiap dua tahun sekali.

PNHR adalah forum untuk mengumpulkan para pelaksana kegiatan harm reduction di Indonesia yang mendiskusikan hasil yang sudah tercapai melalui berbagai kegiatan tersebut dan mengidentifikasi kesenjangan respon di berbagai wilayah di Indonesia.

 

Mengingat tujuan dan besaran skala kegiatan yang serupa, maka PNHR III yang seyogyanya dilakukan pada tahun 2010 diputuskan untuk disatukan dalam Pertemuan Nasional AIDS IV. Oleh karena itu, Pernas AIDS IV akan memberikan kesempatan diskusi yang signifikan terhadap review upaya penanggulangan AIDS bagi penasun.

 

“Besar harapan saya, Pernas AIDS IV di tahun 2011 ini dapat digunakan secara strategis dan optimal untuk melakukan review bersama atas situasi epidemi HIV dan AIDS di Indonesia, kemajuan yang telah dicapai dan tantangan kedepan untuk menekan laju epidemi, menghentikan infeksi baru HIV, meningkatkan kualitas hidup bagi orang yang hidup dengan HIV (ODHIV)  dan mengurangi dampak HIV dan AIDS di masyarakat umum,” demikian disampaikan Dr. Nafsiah Mboi, Sp.A, MPH selaku Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Nasional menyambut rencana pelaksanaan Pernas AIDS IV mendatang.

 

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap terkait Pernas IV Yogya, silakan mengunjungi website Pernas AIDS IV di www.pernasaids.org.

 

 

 

Untuk informasi lebih lanjut, silankan menghubungi :

 

Ajianto Nugroho

Media Officer KPAN

Media Centre Pernas AIDS IV 2011 Jogjakarta

HP : 0811 984 144

 

Dewi Wulandari

Media Relations Officer (MRO)

Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Papua

Jln. Kesehatan no.2 Dok II Jayapura

Telp/Fax : 0967.532523

HP : 0812 480 9004

Email : dewijarot@yahoo.com

 

Share it

HMS FAKFAK

Your Comment