Music Hip-hop Indonesia

Musik hip-hop dengan menggunakan bahasa daerah atau mengusung unsur kedaerahan semakin berkembang di bumi Indonesia  dengan lahirnya grup Hip-hop  Jogja Hip hop foundation, Sundanis, Molukka Hip-hop, dan lain sebagainya

Lagu “Fakfak Kotaku” yang dinyanyikan oleh  D’javu adalah merupakan salah satu bukti perkembangan musik hip-hop di Indonesia, khususnya di Kota Fakfak.

Berbicara tentang budaya hip-hop sebetulnya melibatkan unsur yang terdiri atas MCing (lebih dikenal dengan rapping), DJing, Breakdance, dan Graffiti. Belakangan ini, elemen hip-hop juga diwarnai oleh beatboxing, fashion, bahasa slang, dan gaya hidup lainnya. Namun kali ini pembahasan akan berfokus pada musik rap.
Di Tanah Air, cikal-bakal musik rap di lingkungan kaum muda mulai memasyarakat sejak kemunculan Iwa K. pada era awal 1990-an. Padahal Iwa sendiri mengaku terinspirasi oleh legenda Betawi, Benyamin Sueb, dan si tambun asal Sukabumi, Farid Hardja.

Berikut ada artikel menarik tentang perkembangan musik hip-hop di Indonesia yang kami ambil dari  Koran Tempo Online edisi tanggal 26 June 2011, Silahkan kilk HMS-Pages from tempo_20110626untuk  download pdf f ilenya (733 Kb)

Share it
HMS FAKFAK

HMS FAKFAK

0 thoughts on “Music Hip-hop Indonesia

  1. buat donk komunitas nya ntar bisa kopdar gitu di fakfak. mari kita share musik hip hop yg pintar. musik hip hop yg ber- KUALITAS, kita bisa lihat punggawa Jogja HH Foundation. itu musik ber KUALITAS. dukung buanget hiphop di fakfak..

  2. Kirain cuma di Jogja aja yg ada perkumpulan Hip Hop ternyata di kota kelahiran Ku juga ada, maju terus Hip Hop Fak-fak ..

Your Comment