Majelis Rakyat Papua Barat Dilantik

Sumber: Kompas.com

Manokwari – Di tengah pro-kontra pembentukan Majelis Rakyat Papua wilayah Papua Barat, Gubernur Papua Barat Abraham O Ataruri akhirnya melantik pengurus definitif lembaga kultural tersebut. Pelantikkan ini sekaligus mendorong bergeraknya kembali tahapan pemilihan umum kepala daerah papua barat yang tersendat selama 4 pekan. Ketua Definitif Majelis Rakyat papua barat Vitalis Yumte yang dipilih angotanya resmi dilantik Abraham Ataruri pada tanggal 15 Juni 2011 di kantor Gunbernur Papua barat. Pengurus ini dilantik berdasarkan SK Menteri Dalam Negeri no 161/101/VI/2011.
Menaggapi pro-kontra pelantikan itu, Abraham mengatakan pelantikan MRP Papua barat mengacu pada undang-undang no 21 tahun 2001 tentang Otonomo Daerah khusus pasal 5 dan peraturan pemerintah no 54 tahun 2004 tentang MRP.


Sementara itu DPRD Papua barat terkesan tidak ambil pusing soal pembentukan MRP, bahkan dianggap sah. beberapa kali penolakan dilakukan oleh kelompok adat dan mahasiswa yang menilai MRP adlah sebagai lembaga Kultural yang tidak dipagari oleh batasan wilayah pemerintahan provinsi Papua dan Papua barat.
Selepas pelantikan ,rabu sore, Komisi Pemilihan Umum Papua Barat menyerahkan 4 berkas pasangan calon gubernur & wakil kepada MRP papua barat untuk diverifikasi. Ini dilakukan supaya tahapan Pilkada tidak molor terlalu lama.
Menurut Ketua Devisi hukum KPU Papua barat Filep Wamafma, pihaknya meminta MRP Papua barat menyelesaikan tahapan verifikasi dalam waktu 4 hari terhitung mulai hari Rabu sampai Sabtu, meskipun lebih singkat dibandingkan jagka waktu tahapan sebelumnya , KPU yakin MRP Papua Barat bisa cepat memverifikasi syarat orang asli Papua yang merupakan tanggung jawab MRP.
KPU tidak ingin terjebak pro-kontra pembentukan MRP Papua Barat, tapi ingin menjalankan amanat Undang-Undang.

Share it

HMS FAKFAK

Your Comment