KPU FAKFAK TUNDA PILKADA

KPU Kabupaten  Fakfak mengumumkan pengunduran jadwal Pilkada Fakfak dalam suatu rapat pleno. Rapat Pleno di Gedung Diklat Pemda ini dihadiri Panwas Pilkada Fakfak, Pasangan Kandidat Bupati/Wakil Bupati Fakfak dan Tim Pengusung Kandidat serta Muspida Fakfak.

Markus Krispul, Ketua KPU Kab. Fakfak menjelaskan KPU Fakfak belum siap melaksanakan Pilkada pada tanggal 1 September 2010, seperti direncanakan sebelumnya.

Pengunduran ini menyebabkan beberapa tahap proses Pilkada harus dijadwalkan ulang, termasuk hari-H pelaksanan pemungutan suara.

Ditambahkan Krispul, revisi jadwal akan disampaikan kemudian kepada semua pihak.

Rapat Pleno ini diduga akan menuai protes kandidat peserta Pilkada dan partai-partai politik, karena itu Polres Fakfak menurunkan puluhan anggota mengamankan lokasi Gedung Diklat.

Akibat Tunda Pilkada, KPU Diprotes Kandidat dan Partai Pengusung

Akibat mengumumkan rencana perubahan jadwal Pilkada, Komisi Pemilihan UMum (KPU) Kab. Fakfak menuai protes keras dari kandidat dan partai-partai politik pengusung kandidat.

Sesaat setelah Markus Krispul, Ketua KPU Kab. Fakfak menjelaskan latar belakang penyebab perubahan jadwal Pilkada, peserta Rapat Pleno langsung menginterupsi dan memprotes keputusan KPU ini.

Jufri Ahmad, Sekretaris Tim Pengusung Pasangan SAHABAT, mencurigai KPU tidak independen, karena itu mendesak ketua dan anggota-anggota KPU diganti sebelum perubahan jadwal Pilkada 2010.

Ketua Tim Pengusung Pasangan SAHABAT, Cliford Ndandarman, juga mempertanyakan keabsahan Rapat Pleno KPU saat itu.

Calon Wakil Bupati Fakfak dari kandidat pasangan YONMA, Amin Ngabalin, justeru mendukung KPU Fakfak untuk merevisi jadwal Pilkada. Amin Ngabalin, menganggap telah terjadi pelanggaran oleh pasangan kandidat tertentu, yang jauh-jauh hari telah menyebut dirinya sebagai Calon Bupati/Wakil Bupati Fakfak 2010-2015 padahal saat itu belum ada keputusan KPU Kab. Fakfak tentang Penetapan Calon.

Menurut Ngabalin, kandidat lain sudah banyak melakukan pelanggaran juga, sehingga tidak perlu menyalahkan KPU Fakfak.

Kandidat Bupati dari Pasangan MODO, Mohammad Uswanas, juga mendukung perubahan jadwal tahapan. Menurut Uswanas, KPU Kab. Fakfak berwenang penuh menyelenggarakan Pilkada 2010, karena itu tidak perlu ada interfensi dari pihak luar. Calon Wakil Bupati dari Pasangan MODO, Donatus Nimbitkendik, sangat aktif dalam proses rekapitulasi DPS menjadi DPT beberapa hari terakhir ini. Banyak temuan ketidak-benaran data DPS yang dikirimkan dari PPS dan PPK.

Syafei Yarkuran, dari Tim Pengusung Pasangan HAJI, sepakat dengan suara Tim Sahabat. Menurutnya, hanya force majoor yang dapat membatalkan atau mengubah rencana jadwal Pilkada.

Namun, Wilhelmina Woy, dari Tim Pengusung Pasanagn Kandidat ALALA, mendukung KPU Kab. Fakfak.

Sementara itu, Calon Wakil Bupati Fakfak dari Pasangan Kandidat SAHABAT, Ali Baham Temongmere, dengan tegas menuduh KPU Kab. Fakfak tidak independen. Karena itu, Ketua KPU Kab. Fakfak, Markus Krispul, harus diganti. Ali Baham meminta KPU Provinsi Papua Barat menurunkan pengganti anggota-anggota KPU Kab. Fakfak, sebelum perubahan jadwal Pilkada Fakfak.

Menanggapi perdebatan para Kandidat dan Tim Pengusung yang setuju dan tidak setuju terhadap perubahan jadwal dan tahapan proses penyelenggaraan Pilkada Fakfak, Ketua KPU Kab. Fakfak, menyatakan perubahan jadwal dan tahapan proses dilakukan setelah evaluasi terakhir oleh KPU Fakfak.

Menurut Krispul, pemerintah tidak kondusif di awal tahun 2010, terkait penganggaran dana Pilkada, karena itu beberapa tahapan tertunda hamper 2 bulan.

Terkait Dana Pilkada 2010, terdapat beberapa kandidat dari pasangan yang berbeda yang juga berperan dalam Panitia Anggaran Pemerintah Tahun Anggaran 2010. Kendala yang dihadapi KPU Fakfak, terbukti dengan belum jelasnya Dana Pilkada, sementara Sidang Anggaran APBD 2010 telah disahkan DPRD Fakfak bulan awal bulan Maret 2010.

(Alex Tethool)

Share it

HMS FAKFAK

0 thoughts on “KPU FAKFAK TUNDA PILKADA

  1. adindaku amin ngabalin, kanda salut dan apresiasi untuk adinda dan kanda percaya bahwa dalam waktu dekat kita berkumpul lg untuk lanjutkan perubahan sesuai detak jantung masyarakat kabupaten fakfak umumnya dan masyarakat adat khususnya.
    by ZAB. werpigan

  2. mari jo kita pilih sahabat beliau tidak butuh janji politik tapi butuh bukti kalau kito orang mau maju kedepan pilih orang sudah penglaman dibidang pemerintahan dan kalau tidak tunggu kehancuran jangan lupa ya tusuk nomor 5 insya allah kota fak fak akan beerubah sedikit demi sedikit oke apalagi pasangan sahabat adalah tokoh perencana pembangunan mantan bappeda. oke adnan nawawie di makaszsar

  3. semua pemikiran maupun argumentasi untuk siapa mendukung siapa selalu benar dan moderat…itulah demokrasi, namun yang terpenting siapapun nanti yang terpilih kita harapkan bersama utk dapat membawa perubahan yang mendasar dan tentu saja perlu akselerasi serta akurat (berdaya guna, tepat guna, proporsional, komperehensif, sustainable dan memiliki term yang jelas). istilah perencana pembangunan/tokoh pembangunan atau apapun namanya adalah berangkat dari kemutlakan sebuah sistim/tugas/kewajiban bagi pemerintah pusat/daerah yang telah dibebankan oleh UU utk mewujudkan hak rakyat dalam kehidupannya sebagai warga negara. sesungguhnya yang menjadi kewajiban kita adalah melakukan control tentang seberapa jauh hak rakyat tsb tlh dilakukan dan dinikmati secara menyeluruh. apakah pengalaman kita semua telah mengarahkan pengetahuan kita utk memahami bahwa keberanian kepemimpinan utk keluar dari pragmatism sempit/kemauan keluar dari sekat2 interest grouping adalah perubahan juga, dan perubahan yang yang hakiki adalah kemauan utk segera hijrah. dengan hijrah Insya Allah.. Allah akan mudahkan segala urusan dan hijrah adalah kesadaran. tks. by ZAB.

  4. semua pemikiran maupun argumentasi untuk siapa mendukung siapa selalu benar dan moderat…itulah demokrasi, namun yang terpenting siapapun nanti yang terpilih kita harapkan bersama utk dapat membawa perubahan yang mendasar dan tentu saja perlu akselerasi serta akurat (berdaya guna, tepat guna, proporsional, komperehensif, sustainable dan memiliki term yang jelas). istilah perencana pembangunan/tokoh pembangunan atau apapun namanya adalah berangkat dari kemutlakan sebuah sistim/tugas/kewajiban bagi pemerintah pusat/daerah yang telah dibebankan oleh UU utk mewujudkan hak rakyat dalam kehidupannya sebagai warga negara. sesungguhnya yang menjadi kewajiban kita adalah melakukan control tentang seberapa jauh hak rakyat tsb tlh dilakukan dan dinikmati secara menyeluruh. apakah pengalaman kita semua telah mengarahkan pengetahuan kita utk memahami bahwa keberanian kepemimpinan utk keluar dari pragmatism sempit/kemauan keluar dari sekat2 interest grouping adalah perubahan juga ini yang belum terjadi di fakfak, dan perubahan yang yang hakiki adalah kemauan utk segera hijrah. dengan hijrah Insya Allah.. Allah akan mudahkan segala urusan dan hijrah adalah kesadaran. tks. by ZAB.

  5. Salam Sejahtera ……….

    Ayo dan ayo kita dukung pilkada yang kita bangun,dan rasa kebersamaan yang baik bukan saling beramtam satu dengan yang lain,kita harus prihatin dan malu atas segala kemampuan yang Tuhan kasihuntuk kita.Di sinikita berantam orang lain di luar yang tidak ikut dalam pilkada di daerah akan merasa tidak simpati dan akn langsung menilai bahwa kedewasaan untuk berpolotikmasih kurang dan belum memahami polotik dan blmj ewasa dalam berpolotik.Pilkada bukan berarti ajang adu jotos…………ingat bahwa kita masi banyak kekurangan dan masih banyak yang harus kita benahi ………….Marilah kita maju bersama untuk membangun dengan bermudyawarah dan mufakat satukan hati,satukan tekad untuk memajukan diri kita sebelum kita menilai orang lain……

    Salam Hormat

    …………………

    Semoga ….!

  6. Yang kalah jangan kecewa ya harus sabar dan membangun kembali kota kita sehingga semua masyarakat tau bahwa kamu yang lebih baik jangan suka ngerupi dan kumpul keluarga ya…………..

Your Comment