144 Prajurit TNI di Papua Idap HIV/AIDS

Rumah Sakit Marthen Indey Jayapura, Papua, mencatat bahwa hingga Mei 2010 ada 144 prajurit Kodam XVII/Cenderawasih yang positif mengidap virus HIV/AIDS.
Kepala rumah sakit tersebut, dr Yenny Purnama, mengemukakan di Jayapura, Kamis (12/8/2010), bahwa dari 144 prajurit TNI yang positif mengidap HIV/AIDS itu, empat di antaranya telah meninggal. Adapun yang lain masih menjalani perawatan
dan sudah diserahkan ke Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi Papua (KPA Provinsi Papua).

“Bagi prajurit yang positif mengidap HIV/AIDS, mereka mendapat perawatan intensif dari Kodam dengan memperoleh obat secara rutin,” ucapnya.
Ketika disinggung mengenai perlakuan terhadap prajurit yang positif terjangkit
HIV/AIDS, Yenny Purnama mengemukakan, saat ini mereka tetap melakukan aktivitas seperti biasanya dan pihak Kodam tidak pernah membatasi ruang lingkup mereka.
“Mereka tetap menjalankan tugas sebagai prajurit karena kami tidak ingin ada stigma terhadap mereka,” ujarnya.

Ia mengatakan, selama ini sosialisasi selalu dilakukan kepada seluruh jajaran TNI terutama di tempat-tempat yang paling rentan terkena HIV.
“Kami selalu memberi tahu dan mengimbau prajurit TNI dengan cara turun langsung ke lapangan,” tandasnya. Ia mengimbau semua prajurit untuk mencegah hal-hal yang dapat mengakibatkan diri terinfeksi HIV/AIDS.

Sumber (Kompas 12 Agt 2010)

Salam
Radio HMS Fakfak

Share it

HMS FAKFAK

Your Comment