Hari AIDS Sedunia (HAS) 2009 STOP AIDS : AKSES UNTUK SEMUA!!!

JAYAPURA, (30/11) – Hari AIDS Sedunia (HAS) diperingati setiap 1 Desember. Penetapan tanggal tersebut diadopsi oleh 140 negara di dunia dalam Pertemuan Menteri Kesehatan Sedunia untuk AIDS, di London pada Januai 1988.

Hal tersebut dirancang untuk memberikan perhatian dan kesempatan strategis bagi berbagai upaya penanggulangan AIDS yang dilakukan oleh banyak pihak, termasuk pemerintah dan berbagai unsur dalam masyarakat lainnya seperti LSM dan berbagai individu yang terlibat. Hal ini juga dimaksudkan untuk mendemonstrasikan pentingnya upaya penanggulangan AIDS dan sebagai salah satu cara penggalangan solidaritas dalam upaya tersebut.

Tema internasional HAS 2009 adalah Akses Universal dan Hak Asasi Manusia (Universal Access and Human Right). Tema nasional adalah “Kerjasama Masyarakat dan Pemerintah Mampu Mempercepat Pemenuhan Akses Informasi, Pencegahan, Perawatan, Dukungan, dan Pengobatan untuk Semua”. Slogan : ‘Stop AIDS : Akses untuk Semua’.


Makna dari tema tersebut adalah setiap masyarakat dari berbagai latar belakang ekonomi, budaya, pendidikan, profesi, tempat tinggal, orientasi seksual – khususnya mereka yang membutuhkan – berhak memperoleh informasi, pencegahan, perawatan, dukungan, dan pengobatan terkait HIV & AIDS. Kesehatan pada dasarnya merupakan hak asasi manusia yang utama (health is the first human right). Dengan demikian, setiap orang termasuk mereka yang terinfeksi HIV berhak hidup sehat dan memperoleh layanan kesehatan yang memadai.

Sasaran HAS 2009 Provinsi Papua : Kalangan Muda Komunitas Kampus

Leading sector peringatan HAS 2009 adalah IAKMI (Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia). Pelaksanaan di Provinsi Papua ditangani oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Cenderawasih, dimana sebagian besar anggota IAKMI Provinsi Papua mengabdi.

Fokus sasaran kegiatan HAS 2009 Provinsi Papua adalah komunitas muda di lingkungan perguruan tinggi. Salah satunya adalah seminar ilmiah di 10 titik kampus dan asrama mashasiswa di Jayapura dan sekitarnya, dengan sasaran sekitar 4.000 mahasiswa.

Seminar Ilmiah yang sudah berjalan antara lain di Asrama Mahasiswa Uncen dan Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Sementara yang direncanakan adalah di Univ Yapis, Univ Sain & Teknologi Jayapura (USTJ), Sekolah Tinggi Ilmu Ekomoni ‘Ottow & Geisler’, dan Sekolah Tinggi Ilmu Politik ‘Silas Papare’.

Puncak acara HAS 2009 Provinsi Papua akan dilaksanakan Sabtu (5/12). Ditargetkan sekitar 2.000 orang akan ambil bagian dalam jalan santai tersebut. Jalan santai akan start pukul 06.00 WIT, mengambil rute Lapangan Brimob Kotaraja menuju Auditorium Univ Cenderawasih. Berbagai acara akan digelar di halaman Auditorium Univ Cenderawasih pada puncak acara, antara lain pameran dan panggung peduli AIDS.

Epidemi HIV di Papua

Survei Terpadu HIV dan Perilaku (STHP) yang dilakukan Depkes & BPS pada September 2006, menyebutkan media (massa) menjadi sumber informasi utama bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi HIV-AIDS. Radio (26,3%), Televisi (26,1%), Petugas Kesehatan (21,8%), Suratkabar/Brosur (18,9%).

Estimasi Departemen Kesehatan (Depkes) tahun 2006, jumlah Orang Hidup dengan HIV-AIDS (ODHA) di Tanah Papua sebanyak 30.483 orang. Provinsi Papua sebanyak 21.487 orang dan Provinsi Papua Barat sebesar 8.996 orang. Angka ini berarti meningkat 18.823 orang atau sekitar 261,43% bila dibandingkan dengan Estimasi Dinas Kesehatan Provinsi Papua tahun 2005 yakni 11.660 orang.

Sementara Hasil Survei Terpadu HIV dan Perilaku (STHP) tahun 2006 pada penduduk usia 15-49 tahun, prevalensi HIV di Papua mencapai 2,4%.

Data Dinas Kesehatan Provinsi Papua Triwulan I per Maret 2009, jumlah kasus HIV-AIDS di Papua sebanyak 4.745 kasus. HIV sebanyak 2.469 kasus dan AIDS 2.276 kasus. Epidemi HIV-AIDS di Papua menyebar dalam populasi umum (generalized epidemic). Lebih dari 90% penularannya melalui hubungan seks.

Untuk informasi lebih lanjut, silankan menghubungi :

Kerry Yarangga

Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM)

Univ Cenderawasih Jayapura

Sekretaris Panitia HAS 2009 Provinsi Papua

HP : 0812 4119 1978

Dewi Wulandari

Media Relations Officer (MRO)

Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Papua

Jln. Kesehatan no.2 Dok II Jayapura

Telp/Fax : 0967.532523

HP : 0812 480 9004

Email : dewijarot@yahoo.com

Share it

HMS FAKFAK

Your Comment