Memajukan Radio Komunitas dengan Internet

Internet di kota Fakfak mulai diperkenalkan oleh PT. Telkom pada tahun 2004 dengan layanan Telkomnet Instan. Fakfak adalah satu kota kecil yang terletak di bagian selatan Pulau Papua, kota Fakfak ini termasuk dalam Propinsi Papua Barat.

Pengalaman kami menggunakan internet pertama kali yaitu pada saat pemilu tahun 2004, saat itu radio kami merupakan salah satu jaringan dari pemantau pemilu yang pusatnya di Jakarta, dan laporan pemantauan pemilu harus dikirimkan melalui email atau fax.

Berhubung saat itu radio kami belum mempunyai telepon untuk mengakses telkomnet instant, maka kami harus ke warung internet (warnet) satu-satunya di kota kami yang dikelola oleh seorang pengusaha muda yang biasa kami sapa abang Alex. Dari abang Alex inilah kami diajarkan cara membuat email di situs www.yahoo.com.

Yang membuat kami sempat merasa “luar biasa” adalah pada saat proses pengiriman laporan kami, sebelumnya kami mengirimkan laporan melalui fax dan itu menelan biaya yang cukup besar, kami harus mengeluarkan Rp.50,000 untuk fax 10 lembar laporan (1 lembar fax = Rp.5,000) , sedangkan melalui internet lembaran laporan kami tersebut di scan pada scanner dan dijadikan file PDF (File yang dibaca oleh Program Acrobat Reader), kemudian dibuat sebagai lampiran di dalam email yang kami kirimkan, dan itu hanya memakan waktu tidak sampai 15 menit, dan biayanya hanya Rp.6,000 untuk sewa internet per jam.

Selain pengalaman mengirimkan email ini, kami juga diajarkan abang Alex untuk mencari berita terkini lewat internet untuk disiarkan di radio kami, situs-situs yang menjadi rujukan pada saat itu adalah www.detik.com dan www.kapanlagi.com, karena beritanya “up to date” , dan sampai sekarang di radio kami menggunakan teknik ini untuk menyiarkan berita-berita terkini, apalagi sekarang sudah ada kemudahan akses internet dengan menggunakan handphone, sehingga pada waktu siaran kami bisa langsung menyisipkan berit-berita terkini yang kami ambil dari internet.

Dengan internet banyak kemajuan banyak yang kami capai dalam perkembangan radio kami, selain mutu siaran kami meningkat dengan data-data yang kami ambil dari internet, kami juga dapat berkomunikasi dan menjalin kerjasama dengan teman-teman dari radio lain baik di Papua maupun di luar Papua.

Terima Kasih

Salam,

Share it

HMS FAKFAK

0 thoughts on “Memajukan Radio Komunitas dengan Internet

Your Comment