DUTA SWARA FM, KAMPUNG BIHA DISTRIK MAKIMI, NABIRE – PAPUA

Tulisan berikut ini kami ambil dari salah satu email di yahoogroups Jaringan Radio Komunitas Indonesia(JRKI), adapun isinya mengenai geliat radio komunitas di tanah papua, khususnya di kampung Biha, Distrik Makimi, Nabire.fakfak-hms-nabire-map

Berikut ini adalah emailnya :

Salam,

Teman2 di mana pun berada, ada sebuah kabar ringan dari saya yang saat ini sedang berada di Kabupaten Nabire, Papua.  Nun jauh di sebuah desa (kampung) di distrik (kecamatan) yang bernama Kampung Biha, Distrik Makimi (sekitar 60 km arah timur Kota Nabire) adalah wilayah yang jauh dari hingar bingar pesta fora atau hiruk pikuk kesemrawutan kota. Sederhana, damai dan… sepi! Tidak ada signal selular, tidak ada energi listrik yang tetap (kalau pun ada PLTD-PLN dari jam 18.00-22.00 WIT) yang sering rusak juga. Kalau pun yang punya standar ekonomi lebih, maka sumber energi adalah generator listrik yang biaya operasionalnya tidak murah dengan harga bensin Rp. 7.000,-/liter.


Warga di sana banyak yang berasal dari Jawa sebagai transmigran di era 90-an dan berbaur dengan warga Papua asli, mereka hidup berdampingan, saling menghargai, saling menghormati.
Ada yang menarik berkaitan keberadaan saya di sini sejak tiga bulan silam…
Membantu mereka membangun radio komunitas. Sebelumnya Kang Bowo dan Kang Gagan berkunjung untuk memastikan tingkat kelayakannya dan saya hanya melanjutkan apa yang mereka pelajari sebelumnya.
Setelah melalui serangkaian tahapan, tercatat sejak 1 Juli 2009, bertepatan dengan Hari Bhayangkara, Duta Swara FM telah mengudara… jam 4-6 sore, jam 8-12 malam (6 jam sehari).
Sayang…, biaya operasional masih mahal karena menggunakan generator listrik dengan kisaran Rp. 25.000,- per hari. Tapi semangat mereka untuk mengudara mengisi kekosongan cakrawala Papua yang kosong melompong (terdengar hanya ada RRI Nabire) patut kita dorong agar terus berkembang.
Pasti butuh energi listrik tenaga surya, seandainya ada teman2 yang punya akses untuk membantu mereka, atau yang paling sederhana; mungkin ada yang mau menyumbang buku-buku untuk melengkapi perpustakaannya?
Satu-satunya hanya bisa lewat jasa pengiriman pos atau sejenis.

DUTA SWARA FM
JL. MERAPI NO. 855
KAMPUNG BIHA
DISTRIK MAKIMI, NABIRE, PAPUA

CP: SUNARTO/Ketua BPPK (tanpa nomor HP)

Demikian, semoga ada manfaatnya. Sampai jumpa pada kabar selanjutnya.
Salam dari Papua

Share it

HMS FAKFAK

0 thoughts on “DUTA SWARA FM, KAMPUNG BIHA DISTRIK MAKIMI, NABIRE – PAPUA

  1. Mantabb>>>>……. Sukses Selalu ya…. Jadikan DUTA SWARA FM sebagai sarana Informasi yang Positif, guna membantu masyarakat serta tetap mendukung program pemerintah dalam pembangunan —*_,*—

    NB.
    buat Om NARTO siapkan kolam mancing kami meluncur wakkk….wakkk…wakk…

Your Comment