COMMUNITY FORUM (FORUM KOMUNITAS)

hms fakfak-aids

People Living with HIV (PLHIV)

Orang dengan HIV (ODHIV)

Ada 5 juta ODHIV di kawasan Asia-Pasifik dan hak mereka akan pengobatan haruslah bisa dipenuhi. Bila ini terjadi maka Akses Universal dan keberlangsungan pengobatan sebagaimana tertuang dalam Millennium Development Goal (MDG) PBB pada tahun 2015 akan tercapai.

Interfaith Forum

Forum antar iman

Para pemuka agama ikut berperan dengan menyampaikan compassion dan pengertian sehingga setiap individu memperoleh  akses pada pencegahan, dukungan, rawatan dan pengobatan. Bila hal ini terjadi maka upaya mencapai MDG pada 2015 akaan tercapai.

Migrants

Penduduk migran

Penduduk migran (yang seringkali dituding sebagai sumber berbagai  problem sosial) seringkali memperoleh diskriminasi dan kriminalisasi sehingga menyebabkan sulitnya akses mereka memperoleh pencegahan, dukungan, rawatan dan pengobatan. Hal ini harus dihilangkan agar MDG dapat tercapai pada tahun 2015

People who Use Drugs

Pengguna Napza suntik

Pengguna napza suntik perlu dilindungi hak asasinya. Hak mereka memperoleh layanan kesehatan juga perlu diakui tanpa membedakan latarbelakang dan perilaku mereka. Bila ini terjadi maka Akses Universal dan Millennium Development Goal pada 2015 akan lebih mudah tercapai.

Sex Workers

Pekerja seks

Program pencegahan pada kalangan pekerja seks (termasuk di sini adalah pekerja seks perempuan, laki, dan waria) tidak cukup bila hanya terfokus pada pemakaian kondom. Kita perlu juga mengakui hak asasi mereka. Diskriminasi dan kriminalisasi yang sering mereka hadapi haruslah dihapuskan agar MDG dapat tercapai pada tahun 2015.

The 200 Forum (Men who have Sex with Men/Transgender and HIV)

Laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki (LSL) dan Waria

Meningkatnya kasus HIV pada komunitas ini menunjukkan perlunya akses lebih besar pada pencegahan, dukungan, rawatan dan pengoabtan, rawatan. Marjinalisasi dan kriminalisasi terhdap komunitas ini haruslah dihapuskan agar kita bisa mencapai MDG pada 2015.

Women’s groups (including lesbians)

Kelompok perempuan (termasuk lesbian)

Pemberdayaan dan pelibatan kaum perempuan pada setiap level kebijakan dan implementasi program HIV harus mulai didorong. Perempuan berada pada posisi yang jauh lebih rentan terhadap infeksi HIV dan menjadi orang yang paling terdampak, terutama pada perempuan yang menjadi pasangan atau keluarga dari ODHIV. Keadilan jender dalam upaya penanggulangan HIV pada ranah struktural dan kultural perlu segera diwujudkan, mengingat saat ini epidemi HIV juga sudah banyak melanda kaum perempuan.

Youth

Remaja

Kaum muda perlu diberdayakan agar bisa memperoleh informasi lengkap mengenai seksualitas maupun informasi mengenai layanan dalam bidang pencegahan, rawatan, dukungan dan pengobatan HIV.  Sekitar 40 persen kasus baru HIV di dunia pada 2007. Ini merupakan angkat yang tinggi dan menjadi tantangan bagi kawasan Asia-Pasifik mengingat masa depan ada pada tangan kaum muda, Pada tahun 2007, UNFPA melaporkan adanya 1,28 juta remaja yang hidup dengan HIV di kawasan Asia-Pasifik. Berdasarkan laporan UNGASS dan CPD, kaum  muda haruslah diberdayakan dengan cara keterlibatan dan peran-serta yang bermakna. Mereka perlu diberikan ruang dan peluang bersuara dan secara aktif terlibat dalam penanggulangan HIV dan dalam isu seksualitas dan HAM serta intervensi lainnya yang memaksimalkan potensi dan kemampuan mereka. Dengan cara ini kita kan mampu membalikkan pengaruh HIV dan AIDS di kalangan kaum muda dan akan muncul kualitas hidup yang lebih baik.

Share it

HMS FAKFAK

Your Comment